Pilihan Hobi Anti Stres untuk Ibu Rumah Tangga Super Sibuk

RILIS.KERONCONGANTAR.COM - Hai keonconganers ! Banyak orang yang menyepelekan seorang ibu rumah tangga. Dibanding wanita karier, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dianggap lebih mudah dan tidak melelahkan. Padahal, mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tiada henti dari pagi hingga malam berpotensi menimbulkan stres yang sangat menyiksa. Belum lagi jika sudah ada anak-anak yang juga membutuhkan perhatian dan perawatan khusus.

Kebanyakan ibu rumah tangga juga tidak memiliki cukup waktu untuk melepas stres dengan bersantai atau berjalan-jalan di mall. Kalau Anda termasuk ibu rumah tangga yang ingin melepaskan diri sejenak dari rutinitas harian tanpa meninggalkan rumah, berikut ini beberapa hobi anti stres yang bisa dicoba:

Bermain puzzle

Lupakan hobi-hobi khas ibu rumah tangga seperti memasak, menjahit, atau berkebun. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda harus terus terlibat dalam aktivitas semacam itu. Tak ada salahnya, sesekali melakukan hal-hal yang unik dan menghibur, misalnya saja bermain puzzle. Permainan satu ini bisa dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa, tinggal disesuaikan dengan tingkat kesulitannya. Namun alih-alih bermain game puzzle yang ada di gadget, cobalah membeli puzzle dalam bentuk nyata dan mainkan di sela waktu luang.

Mewarnai

Akhir-akhir ini, banyak bermunculan buka mewarnai khusus untuk orang dewasa. Dengan gambar yang lebih rumit dibanding buku mewarnai untuk anak-anak, buku semacam ini bisa menjadi salah satu pengobat stres. Menyibukkan diri dengan mewarnai gambar yang Anda suka bisa menjadi sarana bernostalgia sekaligus menyegarkan pikiran. Hobi satu ini juga dapat mengasah imajinasi dan kreativitas di sela-sela kesibukan Anda sebagai ibu rumah tangga.

Membuat scrapbook

Scrapbook merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan foto, hiasan kerajinan tangan, maupun benda-benda lain yang ditempel untuk pengingat kenangan. Selain bisa dijadikan hobi, Anda juga bisa sekaligus menyimpan foto-foto keluarga dan menjadikannya sebuah album kenangan. Misalnya saja, Anda bisa menempelkan foto si Kecil dan kaos kaki pertamanya yang berukuran super mini atau juga menempel foto bersama suami dengan tiket-tiket film bioskop yang pernah ditonton.

Menulis jurnal

Kalau Anda memiliki hobi menulis, tak ada salahnya mencoba menuangkan pengalaman sehari-hari dalam bentuk jurnal. Dalam jurnal tersebut, Anda bisa berbagai pengalaman saat hamil dan melahirkan, menuliskan mengenai gaya parenting yang diterapkan pada buah hati, berbagi resep masakan favorit keluarga, atau juga sekedar curhat tentang aktivitas harian. Tak perlu membuat blog atau situs khusus kok, Anda bisa menuliskan jurnal di media sosial seperti Instagram. Namun ingat, bagikan hal pribadi secukupnya dan tidak perlu menjadikan media sosial sebagai ajang saling pamer atau menjatuhkan.

Bermeditasi

Hobi satu ini cocok sekali untuk Anda yang merasa butuh istirahat dan jeda sejenak dari aktivitas fisik. Ya, meditasi bisa dilakukan dengan mudah di rumah tanpa instruktur atau peralatan yang rumit. Anda tinggal mencari spot yang tenang dan nyaman, kemudian mencoba beberapa cara meditasi sederhana untuk pemula. Semuanya bisa diperoleh dari media sosial atau juga YouTube dan Anda tinggal mempelajarinya.

Hobi bagi seorang ibu rumah tangga merupakan hal yang penting. Tak hanya sekedar menjadi pelepas stres, memiliki keahlian di bidang tertentu juga membuat ibu rumah tangga merasa lebih berarti. Maka dari itu, tak perlu ragu menekuni hobi tertentu untuk menyeimbangkan kehidupan Anda dan menjadikannya lebih menyenangkan!

Gimana bunda, mau istirahat memasak sejenak ? cobain Catering keroncongantar.com yuk Klik