[TIPS] Meningkatkan Produktivitas dengan Memaksimalkan Waktu Istirahat


RILIS.KERONCONGANTAR.COM - Hai Keronconganers ! Sejak hari Senin hingga Jumat, bekerja di depan komputer sejak pukul 8 hingga 4 tentu melelahkan. Belum lagi jika pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Kita cenderung akan memakai semua jam untuk menyelesaikan pekerjaan, berusaha memenuhi target hari itu.
Namun, tahukah kamu tak selamanya bekerja lebih lama sama dengan lebih produktif? Waktu yang kita gunakan saat bekerja memang terlihat lebih banyak, namun apakah berbanding lurus dengan produktivitas kita? Ternyata tidak. Tubuh dan otak yang dipaksa terus-menerus bekerja justru akan semakin menurun performanya.
Menurut penelitian, jeda waktu istirahat selama bekerja, ternyata justru bisa meningkatkan produktivitasmu hingga 13% jika dimanfaatkan dengan baik. Maka dari itu, istirahat dengan baik dan maksimal adalah elemen penting di dalam bekerja. Jadi, bagaimana sih cara memaksimalkan waktu istirahat yang bisa meningkatkan produktivitas itu?
Yuk, simak pembahasan rilis.keroncongan.com bagikan di bawah ini.

1. 25/5 Menit Split

Makan cemilan (sumber: www.pexels.com)
Metode ini bisa dipakai ketika kamu sedang mengerjakan banyak sekali pekerjaan dan tak punya waktu sisa untuk benar-benar beristirahat. Setiap selesai mengerjakan pekerjaan selama 25 menit, beri jeda pendek 5 menit untuk berhenti. Di waktu yang singkat ini, kamu bisa menyelinginya dengan makan buah atau camilan, peregangan otot sederhana, hingga bermain rubik.
Meski sebentar, jika dilakukan dengan benar, istirahat seperti ini bisa membuatmu rileks dan siap fokus lagi saat kembali bekerja.

2. 50/10 Menit Split

Membuat minum favorit (sumber: www.pexels.com)
Metode ini juga cocok diterapkan untuk kamu yang lagi dikejar deadline, tapi kamu pribadi memiliki kemampuan fokus yang lebih besar. Caranya adalah dengan fokus pada pekerjaan selama 50 menit, kemudian beristirahat selama 10 menit.
Waktu 10 menit yang kamu miliki ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, misalnya dengan membuat minuman favoritmu seperti kopi atau teh, menonton video-video lucu, atau membalas pesan pribadi. Selain itu, kamu juga bisa merapikan berkas dan meja kerja.
Kandungan kafein di dalam kopi atau teh bisa meningkatkan stamina, video-video lucu bisa menjadi stimulus otak untuk melepaskan hormon yang membuatmu merasa lebih rileks, dan lingkungan kerja yang bersih tentu memberi energi positif tersendiri untukmu.

3. 90/18 Menit Split

Mendengarkan musik (sumber: www.pexels.com)
Pernahkah di tengah pekerjaan tiba-tiba kamu memutar musik favorit, lalu tenggelam di dalamnya? Atau mulai merasa lapar hingga tubuh menjadi lemas dan mengantuk? Yup, ini adalah metode istirahat yang paling banyak kamu lakukan tanpa sadar.
Penelitian menunjukkan, rata-rata otak dan tubuh orang mencapai puncak rasa lelah setelah fokus bekerja ketika memasuki menit ke-90. Maka dari itu, di titik ini, seseorang harus mengambil jeda waktu sesaat untuk berhenti dari pekerjaannya.
Jeda waktu istirahat ini akan sangat bermanfaat jika kamu gunakan dengan melakukan hal yang bisa membuat senang, menjauh dari pekerjaan sementara. Kamu bisa mendengarkan musik favorit, menelepon orang-orang terdekat untuk mendengarkan suara dan mengetahui kabar mereka, atau memejamkan mata sesaat.

4. 240/60 menit split

Makan bersama teman (sumber: data pribadi Kulina)
Bekerja selama 240 menit sekaligus terdengar menyeramkan? Tentu saja tidak, di tengah proses kerja 240 menit tersebut, pasti ada jeda yang telah kamu ambil untuk istirahat sejenak, baik secara sadar atau pun tidak.
Namun setelah 240 menit bekerja, atau bisa dikatakan tengah hari telah datang, otak dan tubuhmu benar-benar membutuhkan waktu istirahat. Berikan dirimu waktu 60 menit untuk menjauh dari layar komputer.
Di saat-saat tersebut, pastikan kamu makan siang. Makan siang penting untuk mengembalikan tenaga yang telah terkuras sejak pagi. Apalagi jika makan siang bersama teman-teman, kamu bisa merasakan manfaat yang baik untuk fisik dan batin sekaligus.
Selain itu, kamu bisa mengisinya dengan bermain kartu dengan rekan kerja lain atau jalan-jalan di sekitar kantor menuju cafe terdekat.
Nah, itu tadi pembahasan keroncongantar.com tentang bagaimana cara memaksimalkan waktu istirahat untuk meningkatkan produktivitasmu. Coba terapkan beberapa metode ini saat bekerja, lalu pilih yang paling tepat untukmu. Rasakan sendiri perubahannya!