Kata Siapa Cerdas Itu Bakat dari Lahir? Nih, Kegiatan yang Bikin Makin Pintar

RILIS.KERONCONGANTAR.COM Mungkin kamu pernah berpikir bahwa kecerdasan seseorang merupakan bakat dari lahir. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa yang kamu pikirkan itu salah.

Ya, menjadi cerdas tidak hanya berdasarkan faktor dari lahir saja, tetapi juga bisa kamu kembangkan, sama halnya seperti keterampilan. Lalu bagaimana caranya agar membuat diri lebih cerdas?
Bukan sulap, apalagi sihir, kegiatan-kegiatan di bawah ini bisa membuat kamu lebih cerdas. Tak percaya? Buktikanlah dengan melakukan kegiatan-kegiatan ini seperti dikutip dari laman okezone Rabu (16/7/2017).
Berselancar pintar
Setiap kamu melakukan aktivitas online atau berselancar di internet, janganlah kamu habiskan waktu online dengan melihat hewan-hewan lucu atau video aneh. Internet juga memiliki segudang ilmu pengetahuan baru. Misalnya melalui kursus online, TED Talk, atau artikel-artikel yang menambah wawasan kamu.
Menulis
Tulislah apa yang kamu pelajari hari ini. Tidak harus menggunakan hiasan kata dan diksi yang heboh. Cobalah tuliskan tentang apa yang kamu pelajari hari ini. Menurut penelitian, menulis bisa meningkatkan kemampuan otak kamu. Guru Yoga Claudia Azula Altucher dan Peneliti Bayside Biosciences Mike Xie sepakat bahwa menulis sebanyak 400 kata per hari bisa meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir.
Buat daftar capaianmu
Sebagian besar kecerdasan bisa terdiri dari kepercayaan diri, kebahagiaan, dan dorongan keduanya. Luangkanlah sejenak untuk menuliskan hal-hal yang telah kamu lakukan. Gagasan membuat daftar capaian kamu direkomendasikan oleh VC Marc Andreessen. Pasalnya, hal ini akan menimbulkan dua dorongan tadi, kepercayaan dan kebahagiaan.
Punya teman pintar
Ingin menjadi cerdas, kamu harus memiliki teman-teman yang juga kritis dan cerdas. Mengapa? Sebab memiliki teman yang cerdas akan membawa kamu pada diskusi-diskusi atau percakapan yang setidaknya membuat kamu berpikir dan belajar.
Membaca
Ilmu pengetahuan bersumber dari bacaan. Ini tentu bukan lagi rahasia terselubung. Membaca sangat penting untuk melatih otak kamu. Mulai hari ini, cobalah menumbuhkan kebiasaan membaca. Misalnya, membaca surat kabar, buku fiksi atau nonfiksi, atau artikel di internet. Intinya, banyak membaca.