Malas Membaca, Begini Nih Cara Menumbuhkan Minat Baca

RILIS.KERONCONGANTAR.COM - Sebuah lembaga internasional memaparkan survei bahwa masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang rendah. Namun menumbuhkan minat baca sendiri juga tidak mudah. Apalagi bila kamu memiliki segudang aktivitas dan harus pintar-pintarnya membagi waktu.
Perubahan besar dimulai dari perubahan kecil. Dimulai dari diri sendiri kemudian disebarkan ke orang lain. Inilah yang bisa meningkatkan minat baca, yakni menyebarkan kembali nilai-nilai positif ini. Nah, ini yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan minat baca pribadi seperti dinukil dari Spreeder.
Luangkan waktu
Di tengah jadwalmu yang padat barangkali sangat sulit untuk menemukan waktu yang cocok untuk membaca buku. Solusinya sangat sederhana, yakni luangkanlah waktu barang sejenak untuk membaca. Misal menggunakan 15 menit untuk jeda dari aktivitas dan mulai membaca buku. Bila dilakukan rutin, cara ini lambat laun bisa menumbuhkan minat baca.
Bawa buku di tas
Selama melakukan aktivitas baik di kampus maupun di kantor atau dalam perjalanan kemana pun, kamu pasti menemukan waktu di mana kamu harus menunggu. Membawa buku di tas mungkin bisa menjadi sebuah penyelamat dari kebosanan menunggu. Dengan melakukan kebiasaan ini, kamu pasti menemukan waktu yang pas untuk membaca buku satu atau dua bab.
Buat daftar bacaan
Bila kamu kesulitan untuk mulai menumbuhkan minat baca, mungkin kamu perlu membuat sebuah list yang berisi daftar buku yang harus dibaca. Lakukan sedikit riset kecil-kecilan misal tentang buku atau penulisnya. Di daftar bacaan ini kamu juga bisa menulis target bacaan. Dengan ini kamu bisa mengasah minat bacamu dan memotivasi diri untuk terus membaca.
Bacakan pada orang lain
Jika kebiasaan membaca sudah tumbuh di dalam diri. Inilah cara selanjutnya untuk menyebarkan kecintaan membaca pada orang lain. Bacakanlah sebuah buku yang sesuai dan menarik pada orang lain. Misalnya, adikmu, orangtuamu, atau keponakanmu. Membacakan cerita pada orang lain merupakan salah satu cara yang menarik untuk menyebarkan minat baca kepada orang lain. Pasalnya, sedikit banyak bacaanmu akan membuat pendengar merasa senang dan terinspirasi.
Selamat mencoba!