Lulusan Pascasarjana Ingin Dapat Kerja? Nih 5 Caranya!

RILIS.KERONCONGANTAR.COM - Lulusan baru setiap tahun semakin bertambah dan persaingan di pasar kerja tak dapat dibendung lagi. Banyaknya jumlah penganggur yang tak sepadan dengan lapangan pekerjaan kadangkala membutuhkanmu untuk tampil lebih menonjol daripada lulusan baru lainnya.
Cara untuk lebih menonjol bisa dilakukan dengan mengasah skill hingga melanjutkan studi lagi. Nah, bagi kamu lulusan pascasarjana, seorang ahli di bidang karier di University of Lincoln, Mark Stow mengemukakan tips bagi ribuan mahasiswa pascasarjana yang ingin mencari pekerjaan. Apa saja? Berikut tips dari Mark Stow seperti dinukil dari The Guardian.
Berpikiran terbuka
Banyak peluang bagus bagi lulusan pascasarjana untuk mencari pekerjaan di perusahaan kecil, menengah, hingga perusahaan besar. Pasalnya, di Inggris saja, 99 persen usaha kecil menengah (UKM) mempekerjakan 25 dari 250 karyawan untuk jenjangmu. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah tetap berpikiran terbuka dan melihat segala peluang.
Pengalaman
Ingatlah bahwa kamu tidak mencari pekerjaan untuk seumur hidup. Namun, bangunlah pengalaman sebanyak mungkin. Pernah bekerja di berbagai perusahaan berbeda selain menambah pengalaman, juga akan meningkatkan hingga menambah keterampilan kamu.
Jangan terpaku pada gelar
Gelar kadangkala menjebakmu dan membuatmu menjadi pemilih untuk urusan pekerjaan. Tidak ada salahnya jika itu baik untuk kariermu. Namun, risikonya adalah, peluangmu menjadi sempit dan kemampuanmu tak berkembang. Cobalah keluar dari zona nyamanmu dan raih peluang yang tak pernah kamu pikirkan sebelumnya.
Kenali dirimu
Untuk mencoba mengenali diri sendiri, kamu perlu menggali potensi yang ada dalam diri kamu di luar dari kemampuan yang kamu kuasai ataupun gelarmu. Cara untuk memulainya pilihlah keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja dan pikirkan bagaimana cara agar kamu memiliki skill-skill tersebut.
Gunakan layanan karier
Biasanya, sebagian besar universitas memiliki layanan karier untuk membantu mahasiswanya dalam meraih karier pertamanya. Dalam layanan karier, kamu juga bisa mendapatkan tips yang lebih relavan serta dukungan.
Selamat mencoba!