Tips Mengatur 3 Jenis Pengeluaran Utama

Keronconganers tahu kan kalau ada tiga macam pengeluaran yang bisa dikategorikan sebagai pengeluaran utama, yaitu: pengeluaran bulanan, pengeluaran mingguan, dan pengeluaran harian.

Seringkali tiga pengeluaran tadi membuat “dompet bocor” alias membuat uang kamu habis tiba-tiba. Kok bisa? Bisa-bisa aja, soalnya kamu enggak memperhatikan pos-pos pengeluaran untuk pengeluaran bulanan, mingguan, ataupun harian.

Nah, biar dompet kamu enggak “bocor” silakan simak cara untuk mengatur pos pengeluaran pada pengeluaran utama kamu, ya:

Pengeluaran Bulanan

shutterstock_119196529
Pengeluaran bulanan ini adalah tagihan-tagihan bersifat penting, tidak berubah jumlahnya. dan memiliki risiko besar jika kita tidak bayar.
Penting bagi kita untuk langsung menyisihkan pengeluaran-pengeluaran yang dibayar sebulan sekali. Biasanya pengeluaran bulanan ini adalah tagihan-tagihan bersifat penting, tidak berubah jumlahnya dan kalau tidak kita bayarkan, akan berisiko lebih besar lagi.
Misalnya: Cicilan rumah, bayar kos-kosan, cicilan kendaraan, asuransi, uang sekolah anak, arisan, belanja bulanan, tagihan rumah tangga seperti listrik, air, gas, kebersihan lingkungan, dan biaya-biaya rutin. Jangan lupa, sisihkan juga budget untuk tabungan sebagai bagian dari pengeluaran bulanan ya karena bisa dibilang tabungan adalah pengeluaran rutin yang harus kamu bayar rutin per bulannya.

Pengeluaran Mingguan

shutterstock_71062105
Kita bisa sedikit bermain dengan angka pengeluaran mingguan, karena bisa disesuaikan dengan keadaan.
Pengeluaran mingguan adalah salah satu pos pengeluaran yang agak tricky. Karena pengeluaran mingguan ini bisa dibilang tidak pasti. Yang termasuk pengeluaran mingguan adalah bensin kendaraan, jalan-jalan bersama keluarga di akhir pekan, makan di restoran, dll.

Kita bisa sedikit bermain dengan angka pengeluaran mingguan, karena bisa disesuaikan dengan keadaan. Contohnya: setiap akhir pekan dibuat anggaran 500 ribu untuk jalan-jalan di mal. Misalkan minggu ini kita cuma menghabiskan 400 ribu untuk jalan-jalan, berarti minggu depan kita bisa mengeluarkan 600 ribu, atau kita tetap mengeluarkan 500 ribu karena yang 100 ribu kita tabung.

Pengeluaran Harian

shutterstock_239446909
Kalau kita berhasil berhemat di pengeluaran harian, berarti kita bisa menabung lebih banyak.
Apa aja sih yang termasuk pengeluaran harian? Ongkos kendaraan umum, makan siang di tempat kerja, biaya parkir kendaraan, dll. Mirip dengan pengeluaran mingguan, buatlah anggaran harian untuk setiap hari. Kalau kita berhasil berhemat di satu hari, berarti kita punya uang lebih untuk dipakai besok atau ditabung. Mudah kan?

Itu dia tiga tips untuk mengatur pengeluaran kamu. Teman-teman silakan mencoba ya. Mudah-mudahan bisa membantumu mengatur “nafas dompet” ya. Jika kamu punya tips lainnya yang berkaitan dengan mengatur keuangan, silakan share di kolom komentar ya.

Selamat mengatur pengeluaran!

INGIN Hemat Keuangan Makan Kamu Klik Layanan Catering KERONCONGANTAR