Jangan Ngobrol Soal Politik di Kantor, Mengapa?

RILIS.KERONCONGANTAR.COM - Hai keronconganers ! Pesta politik akan menghiasi Indonesia pada tahun 2018 ini hingga tahun 2019 mendatang. Meski topik pesta demokrasi merupakan topik yang menurut Anda menarik, namun perlu diingat bahwa jangan membicarakannya di tempat kerja Anda.

Mengutip The Balance, Sabtu (17/2/2018), ada beberapa alasan bahwa topik politik sebaiknya tidak dibicarakan di kantor.

Pertama, Anda bisa saja mendukung seorang kandidat atau sebuah partai karena ideologinya sesuai dengan pandangan Anda.

Akan tetapi, harus disadari bahwa tidak semua orang, apalagi rekan kerja Anda barangkali memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda. Anda pun tidak bisa memaksakan pandangan dan ideologi Anda kepada orang lain.

Kalau Anda terus-menerus membicarakan tentang kandidat atau partai pilihan Anda, bisa-bisa Anda menimbulkan kemarahan atau bahkan merusak hubungan profesional Anda dengan rekan-rekan kerja.

Kedua, membicarakan perihal politik juga membuat rekan-rekan kerja Anda merasa tidak nyaman, meski jika mereka memiliki pandangan yang sama dengan Anda. Yang paling berbahaya, ini bisa mengusik atasan Anda.

Ketiga, hal yang penting dan tidak boleh Anda lupakan adalah jangan pula membicarakan soal politik di akun-akun media sosial yang Anda miliki.

Jika atasan maupun rekan kerja melihat unggahan Anda soal politik di media sosial, hal ini pun bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Ketimbang membicarakan soal politik, ada sejumlah topik pembicaraan yang lebih menyenangkan diobrolkan di lingkungan kerja. Pilihlah topik pembicaraan yang tidak menimbulkan pandangan negatif.

Beberapa contoh topik pembicaraan tersebut antara lain rencana liburan Anda, resep-resep hidangan yang pernah atau akan Anda coba, rekomendasi restoran, kegiatan di akhir pekan, hingga buku, film, atau serial televisi yang Anda baru saja tonton atau baca.