TipsKERONCONGANERS: Baca Ini Sebelum Melamar Kerja

Saat ini persaingan dalam mencari kerja sangatlah ketat. Pintar saja, bukan menjadi jaminan KERONCONGANERS akan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya, Job Seeker terjebak dalam pertanyaan-pertanyaan yang sepele dan tidak berhubungan dengan ilmu yang dimiliki. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena grogi, ataupun menjawab dengan seadanya. Karenanya tips biar bisa lolos wawancara kerja ini penting sekali diketahui. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu kamu;
  • Perhatikan Penampilan
Adalah hal yang penting dan tidak bolah kita kesampingkan. Hal yang dilihat pertama kali oleh staf perekrutan adalah penampilan fisik. Penampilan fisik harus bisa meyakinkan sang pewawancara karena penampilan sedikit banyak akan menggambarkan kepribadian kita.
  • 2. Percaya Diri yang Tinggi
Percaya diri dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tapi juga mengenai kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan pada si karyawan. Sikap percaya diri tersebut dapat kamu tunjukkan misalnya ketika berjalan, menatap, bersalaman dan terutama dalam menjawab pertanyaan.
  • Jangan pernah memberi jawaban ‘Tidak!’
Sering kali saat kita mengikuti tes interview maka si penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki, misalnya saja pertanyaan “Bisa menggunakan excel, photoshop dan sebagainya?”. Seandainya kamu belum cukup mahir dalam mengoprasikan program tersebut, jangan pernah mengatakan “tidak”. Lebih baik menjawab “Saya bisa, namun belum begitu menguasai. Saat ini saya sedang mencoba mendalami agar lebih mahir”. Untuk beberapa pertanyaan, hindari penggunaan kata “tidak” dalam mengungkapkan, karena cenderung berkonotasi negatif dan akan terkesan sebagai pribadi yang pesimis.
  • Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan
Jawaban yang bertele-tele akan mendapat penilaian tidak tegas dan “jago ngeles” dari penguji. Untuk itu, sebaiknya jawab pertanyaan dengan tegas namun tidak terlihat ngotot, dan meyakinkan. Jika seandainya hanya jawaban ya atau tidak yang diminta maka jawab saja dengan ya atau tidak, kecuali jika memang diminta langsung dari HRD-nya maka barulah kamu jawab dengan lengkap dan detail.
  • Berikan alasan keluar kerja dari perusahaan sebelumnya dengan penjelasan yang ‘positif’
Jika KERONCONGANERS memang baru ‘resign’ dari perushaan lain maka sedapat mungkin berikan alasan yang tidak membuat penilaian yang negatif dari penguji. Kamu harus tahu mengapa keluar dari perusahaan tersebut, kemudian alasan tersebut dikemas dengan bahasa yang positif dan tidak menjelek-jelekkan perusahaan sebelumnya. Mengapa demikian, kepribadian kamu dapat dinilai dari jawaban yang diberikan.
  • Apa Motivasi kamu Bekerja?
Kalau ditanya soal motivasi kerja maka berilah jawaban yang sesuai dengan bidang yang kamu lamar, misalnya saja melamar jadi penulis di suatu penerbit maka bilang saja kalau kamu hobi menulis dan senang dengan pekerjaan tersebut, jangan sampai memberi alasan buruk.
Beberapa tips diatas dapat KERONCONGANERS gunakan saat menjalani interview pekerjaan. Semangat Bekarya yaa ^_^