5 Permainan Sederhana Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Keronconganers siapa bilang bermain hanya untuk bersenang-senang? Sekilas, permainan memang terlihat hanya untuk menghabiskan waktu di kala senggang. Namun ternyata permainan juga berfungsi untuk mengasah otak. Contohnya seperti beberapa sermainan sederhana ini, yang diyakini dapat meningkatkan kecerdasan:

Catur

shutterstock_333608783
Selain dapat meningkatkan daya ingat, catur juga bisa meningkatkan kreativitas.
Meskipun identik dengan permainan orang tua dan terlalu serius, catur kini banyak digandrungi kaum muda. Terlebih lagi sekarang catur bisa dimainkan secara online, dengan lawan main dari berbagai dunia. Selain dapat meningkatkan daya ingat, catur juga bisa meningkatkan kreativitas untuk menyusun strategi.

Minesweeper

minesweeper
sumber gambar: play.google.com
Dalam game Minesweeper ada rumus yang harus digunakan supaya tidak terkena ranjau.
Masih ingat permainan era 90-an ini? Permainan yang akan berakhir jika kita terkena ranjau. Ternyata permainan ini tidak hanya asal klik sana-sini lho. Ada rumus yang harus digunakan supaya tidak terkena ranjau.

Sudoku

shutterstock_432200938
Selain mencerdaskan otak, Sudoku juga meningkatkan kreativitas untuk memecahkan masalah.
Permainan ini juga sudah marak dimainkan melalui smartphone. Meskipun terlihat simpel dengan mengisi angka ke dalam kolom, permainan ini cukup sulit ditebak karena tidak boleh ada angka yang sama di satu garis horizontal dan vertical. Selain mencerdaskan otak, permainan ini juga meningkatkan kreativitas untuk memecahkan masalah. Dengan bermain sudoku, otak kanan dan kirimu akan lebih terasah.

Lego

shutterstock_224458240
Dengan bermain lego, kamu akan terbiasa untuk berkreasi.
Tak hanya terkenal di kalangan anak-anak, lego ternyata juga banyak digandrungi orang dewasa. Permainan ini dapat meningkatkan kecerdasan otak kiri. Selain itu, dengan bermain lego, kamu akan terbiasa untuk berkreasi.

Rubik

shutterstock_299564237
Permainan rubik dapat meningkatkan kecerdasan otak.
Tugasnya mudah untuk menyelesaikan permainan ini. Kamu hanya perlu menyamakan warna di setiap sisi. Tapi, apa semudah itu? Ada enam sisi dengan warna yang berbeda. Untuk benar-benar dapat menyelesaikan permainan ini, kamu harus berpikir logis agar urutannya tidak semakin kacau. Kebayang kan serunya permainan ini? Selain bisa mengisi waktu luangmu, permainan ini juga sekaligus meningkatkan kecerdasan otak.
Itu dia lima permainan sederhana yang bisa meningkatkan kecerdasanmu. Kalau kamu punya permainan lain yang tidak kalah seru, silakan share di kolom komentar ya Keronconganers.

Selamat bermain!